BERITA / Berita / Detail

TRANSAKSI NON TUNAI PADA PWK 2018

09 Oktober 2018 11:14:58 WIB dibaca 67 kali

Bertempat di Jalan Veteran No. 2 Kebumen dilaksanakan Pameran Wirausaha Kebumen (PWK) 2018 yang berlangsung dari tanggal 1 sd 7 Oktober 2018. PWK 2018 adalah event kedua, dan ini merupakan bentuk kemandirian UKM untuk berdaya melalui Asosiasi UKM, berbagai kegiatan telah dilaksanakan oleh Asosiasi UKM Kebumen mulai dari pertemuan rutin, mentoring bussines, klinik desain dan pameran. 

PWK 2018 menampilkan 100 stand yang terdiri dari 5 stand sponsor, 3 stan OPD, 3 stand TNI, 2 stand Polri dan 87 stand UKM dan BUMDesa. Berbagai potensi UKM mulai dari Kriya maupun non kriya ditampilkan pada PWK kali ini, begitu pula dengan potensi BUMDesa. 

Satu hal yang menarik pada pameran kali ini adalah penggunaan transaksi non tunai pada stand stand UKM, hal ini merupakan bukti bahwa UKM Kebumen siap dan terus mengikuti perkembangan jaman. Tidak hanya teori tapi penggunaan transaksi non tunai langsung di aplikasikan pada even kali ini. Dimulai dari pemberian sosialisasi pada saat technical meeting pameran dan dilanjutkan dengan praktek pada saat pameran. Dari 100 stand yang ada 50 stand menggunakan transaksi non tunai yang disediakan oleh BRI berupa mesin EDC dan BRIZZI, 24 stand menggunakan aplikasi YAP BNI. Selaian penggunaan transaski non tunai UKM dan pengunjung juga diperkenalkan dengan produk produk pegadaian seperti tabungan emas, arrum haji dsb.

Dukungan Perbankan dan Pegadaian pada even PWK ini merupakan komitmen Tim TPAKD Kebumen untuk meningkatkan Literasi dan Inklusi Keuangan di Kabupaten Kebumen terutama di kalangan UKM, sehingga UKM dapat terus mengikuti perkembangan jaman.